cara supaya cepat hamil

Tips cara supaya cepat hamil alami dan aman

Senin, 26 Juni 2017

Berikut Daftar Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil

Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh untuk bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar. Namun, ketika Anda tengah hamil ada makanan yang tidak boleh untuk dikonsumsi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti keguguran. Beberapa makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil dikarenakan memiliki kandungan gizi dan kandungan zat yang dapat membahayakan keselamatan janin di dalam kandungan.

Berikut Daftar Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil


Makanan yang Tidak Boleh untuk Ibu Hamil

Buah Nanas
Jenis makanan yang tidak diperbolehkan untuk dimakan saat hamil yang pertama adalah buah nanas. Buah nanas sebagai salah satu buah yang memiliki banyak kandungan vitamin yang menyehatkan ini ternyata tidak baik jika dikonsumsi ketika Anda dalam keadaan hamil.
Adapun kandungan vitamin yang ada pada buah nanas meliputi vitamin C dan vitamin A yang tinggi. Selain vitamin, buah nanas juga kaya akan kalsium, zat besi, dan juga magnesium yang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Namun, dengan berbagai kandungan zat gizi tadi, ternyata buah nanas memiliki kandungan ekstrak protein yang disebut dengan Bromelain. Kandungan Bromelain yang ada pada buah nanas bisa menyebabkan rahim berkontraksi sebelum waktunya.

Selain itu, Bromelain juga bisa mengakibatkan leher rahim menjadi lemah, sehingga bisa menyebabkan keguguran pada wanita hamil. Dalam dunia kedokteran Bromelain juga sering digunakan untuk membantu melancarkan pencernaan dan anti radang yang bagus.

Sayuran Mentah
Makanan yang harus dihindari saat hamil selanjutnya adalah sayuran mentah. Bagi ibu hamil yang gemar makan sayuran mentah atau lalapan tentu larangan ini menjadi masalah yang berarti. Namun, demi kesehatan janin tentu lalapan harus dihindari selama masa kehamilan. Sebenarnya, sayuran mentah yang tidak dimasak memiliki kemungkinan terkontaminasi kuman, sehingga bagi ibu hamil dilarang untuk makan berbagai jenis sayuran mentah.

Apabila seorang ibu hamil ingin mengkonsumsi lalapan atau sayuran mentah seperti gado-gado, karedok dan yang lainnya ada baiknya untuk memastikan bahwa makanan tersebut benar-benar bersih atau bebas dari kontaminasi kuman. Anda juga bisa mengganti sayuran mentah tersebut dengan sayuran yang sudah direbus untuk memastikan bahwa tidak ada kuman di makanan tersebut.

Sumber Protein Setengah Matang
Makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil berikutnya adalah sumber protein setengah matang. Hampir sama dengan sayuran mentah, sumber protein yang dimasak setengah matang atau mentah tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Banyak sumber protein seperti daging, ikan, dan telur yang diolah setengah matang dan bahkan masih mentah seperti sushi. Bagi orang yang menyukainya, sumber protein yang dikonsumsi dalam keadaan setengah matang akan menimbulkan sensasi kelezatan tersendiri.

Namun, bagi seorang wanita hamil sebaiknya menghindari sumber protein yang dimasak dalam keadaan setengah matang atau mentah. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada bakteri atau virus yang bisa masuk ke tubuh ibu hamil melalui makanan yang tidak matang tadi, sehingga kesehatan janin bisa terus terjaga. Beberapa sumber protein yang tidak dimasak dengan matang bisa terdapat bakteri seperti salmonella, biasanya ada pada telur yang mentah atau setengah matang.

Kafein

Makanan yang harus dihindari saat hamil berikutnya adalah makanan yang mengandung kafein. Bahan makanan yang mengandung kafein meliputi teh dan kopi. Orang yang mengkonsumsi kafein dapat menyebabkan denyut jantung dan tekanan darah meningkat. Ibu hamil yang mengkonsumsi kafein sangat tidak dianjurkan karena bisa menghambat penyerapan zat besi yang sangat dibutuhkan pada masa kehamilan. Dikarenakan efek peningkatan tekanan darah tadi juga menyebabkan pertumbuhan janin menjadi terganggu. 

 
Back To Top