cara supaya cepat hamil

Tips cara supaya cepat hamil alami dan aman

Jumat, 16 Juni 2017

Siklus Menstruasi Tidak Teratur dan Cara Menghitung Masa Suburnya

Cara menghitung masa subur wanita yang haidnya tidak teratur sangat penting, terlebih bagi mereka yang sedang menjalani program kehamilan. Masa subur sendiri artinya adalah saat luruhnya sel telur (ovum) yang tidak dibuahi dari indung telur (ovarium) melalui  saluran indung telur (tuba falopi). Masa subur tiap wanita memang berbeda-beda, tergantung dengan siklus menstruasi masing-masing. Rentang masa subur rata-rata wanita adalah dua minggu, namun siklus ini bisa memanjang atau memendek sesuai dengan lama atau tidaknya menstruasi. Karena keunikan inilah maka setiap wanita harus mengetahui sendiri masa subur mereka.

Siklus Menstruasi Tidak Teratur dan Cara Menghitung Masa Suburnya

Datang bulan bisa disebut tidak teratur apabila siklus menstruasi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Tanda lain yang bisa dijadikan acuan Anda mengalami menstruasi tidak lancar adalah lama haid yang selalu berubah tiap bulan, volume darah yang kadang sedikit atau banyak dan menstruasi yang tidak terjadi setiap bulan.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita yang Haidnya Tidak Teratur


Pencatatan Siklus Menstruasi
Normalnya siklus menstruasi dihitung dari hari pertama menstruasi sampai pada hari pertama menstruasi di bulan berikutnya. Jadi rentang siklus yang normal adalah selama 21 sampai 35 hari. Namun bagi sebagian wanita yang siklus haidnya tidak seperti biasa, maka rentang siklus tersebut tidak berlaku. Inilah pentingnya menandai kalender, atau yang lebih sistematis adalah dengan mencatat.

Langkah awal sebagai cara menghitung siklus haid yang tidak teratur adalah dengan mencatat setiap tanggal awal dan akhir menstruasi setiap bulan selama kurang lebih enam sampai delapan bulan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui rata-rata siklus menstruasi sehingga bisa dicari kapan masa subur Anda.

Cara menghitung siklus haid yang tidak teratur memudahkan untuk mereka yang menginginkan momongan atau yang sebaliknya, menunda memiliki momongan karena ini juga dapat disebut dengan KB Kalender.

Penghitungan Masa Subur Secara Manual
Menghitung secara manual mudah dilakukan asalkan Anda telaten saat proses pencatatan siklus menstruasi. Cara menghitung masa subur wanita yang haidnya tidak teratur memang sedikit lebih rumit karena kita harus senantiasa mencatat dan menghitung perkiraan siklus dan menandai masa subur, tetapi bukan berarti bahwa cara menghitung manual seperti ini tidak akurat.

Kita pakai permisalan untuk memudahkan Anda memahami cara menghitung masa subur untuk haid tidak teratur. Kita ambil contoh tiga bulan saja sebagai gambaran cara menghitung. Namun tetap yang mendekati akurat adalah penghitungan selama enam sampai delapan bulan yang sudah dibahas tadi.

Misalkan tanggal menstruasi Anda adalah 20 Juli, 17 Agustus, 16 September. Jarak antara menstruasi bulan pertama dengan bulan kedua adalah 28 hari, sedangkan jarak antara menstruasi bulan kedua dan ketiga adalah 30 hari. Jadi perkiraan siklus menstruasi ada di kisaran 28 sampai 30 hari.

Jika sudah ketemu, maka kita harus menggunakan rumus sebagai cara menghitung masa subur untuk haid tidak teratur yaitu siklus terpendek (dalam contoh tersebut adalah 28) dikurangi 18 (pada contoh hasil yang didapat adalah 10) dan untuk siklus terpanjang (dalam contoh tersebut adalah 30) dikurangi 11 (pada contoh hasil yang didapat adalah 10).

Maka masa subur akan terjadi pada hari kesepuluh sampai hari kesembilanbelas. Pada contoh di atas, pada bulan ketiga hari pertama menstruasi adalah tanggal 16 September, maka masa subur Anda adalah 26 September sampai  5 Oktober. Cara menghitung masa subur untuk siklus mens yang tidak teratur memang cukup rumit. Selain dengan cara manual, ada cara lain yang bisa digunakan.

Pemeriksaan Lendir Serviks
Pada saat sedang dalam masa subur, vagina memproduksi lendir yang biasa disebut dengan cairan vagina, sekret vagina atau lendir serviks. Biasanya cairan ini berwarna bening dan licin serta elastis juga cenderung pekat. Cara menghitung masa subur wanita yang siklus haid tidak teratur salah satunya adalah peka ketika lendir serviks ini mulai diproduksi oleh vagina.

Pengukuran Suhu Basal
Suhu normal tubuh manusia tepat pada saat bangun tidur di pagi hari dan belum beraktivitas berkisar pada angka 35 sampai 36.6 derajat celcius. Namun pada saat Anda sedang dalam masa subur maka suhu tubuh Anda akan meningkat sebanyak 0,3 derajat celsius.

Pengukuran suhu basal ini adalah cara menghitung masa subur untuk siklus mens yang tidak teratur dengan cukup mudah, hanya saja Anda harus telaten melakukan pengecekan setiap hari tepat saat bangun tidur. Pastikan termometer selalu ada di samping tempat tidur. Anda dapat membeli termometer digital di apotek terdekat.

Penggunaan Kalkulator Masa Subur
Kalkulator atau alat bantu hitung ternyata juga ada yang disediakan untuk mengetahui masa subur. Tapi tentu kalkulator ini tidak sama dengan kalkulator dagang ataupun yang sering kita gunakan saat sekolah. Kalkulator masa subur ini hanya digunakan untuk menghitung kapan tepatnya seorang wanita ada dalam masa sebelum ovulasi.

Ada banyak situs dan juga aplikasi yang memudahkan Anda untuk menghitung masa subur ini. Anda dapat mengakses lewat situs internet ataupun mengunduh dari telepon pintar. Tinggal memasukkan data-data yang dibutuhkan, seperti lama siklus menstruasi, hari pertama menstruasi, lama menstruasi dan sebagainya, maka Anda dapat memperoleh hasil secara instan.

Alat Prediksi Masa Subur
Selain menggunakan aplikasi, ada cara lain yang bisa Anda dapatkan dengan mudah tanpa harus repot mencatat dan menghitung. Dengan kemajuan teknologi sekarang ini maka Anda tidak perlu repot lagi untuk mengetahui masa subur. Anda dapat membeli alat prediksi masa subur di apotek terdekat dan Anda bisa mendapatkan hasil akurat kapan saja Anda membutuhkan.

Cara Mengatasi Menstruasi yang Tidak Teratur


Macam-Macam Datang Bulan Tidak Teratur
Ada empat macam istilah menstruasi yang tidak teratur yang dikenal dalam dunia medis, yaitu metrorrhagia, oligomenorrhea, amenorrhea dan menometrorrhagia. Metrorrhagia adalah kondisi menstruasi yang masih rutin terjadi setiap bulannya namun siklusnya tidak teratur. Ada kalanya 21 hari, kemudian 28 hari dan sebagainya.

Sedangkan oligomenorrhea terjadi siklus menstruasi Anda terjadi selama lebih dari 35 hari, sehingga jika dihitung dalam setahun Anda hanya mengalami menstruasi sekitar 6-8 kali saja.

Lain lagi dengan Amenorrhea. Dalam kondisi ini menstruasi Anda behenti selama tiga bulan lebih dan dalam tiap tahunnya tidak bisa ditentukan berapa kali Anda mengalami menstruasi.  Istilah terakhir adalah menometrorrhagia. Dalam kondisi ini Anda mengalami pendarahan dengan volume darah yang sangat banyak dan berlangsung lama, namun rutin terjadi.

Ketahui Penyebabnya
Ada berbagai penyebab yang menjadi awal Anda mengalami menstruasi yang tidak teratur. Bisa karena alat kontrasepsi yang Anda gunakan, gaya hidup yang menggangu kesehatan, kelainan hormonal dan juga penyakit. Dengan mengetahui penyebab Anda mengalami menstruasi yang tidak teratur akan mempermudah Anda untuk mengetahui cara menghitung masa subur wanita yang siklus haid tidak teratur sekaligus memperbaiki kondisi siklus menstruasi Anda.

Jika setelah menggunakan alat kontrasepsi Anda mengalami perubahan siklus menstruasi, bisa jadi ini merupakan efek dari alat kontrasepsi pilihan Anda tersebut. Konsultasikan kepada dokter kandungan Anda jika Anda merasa hal tersebut mengganggu. Mintalah saran apakah butuh penggantian alat kontrasepsi yang sesuai atau tidak.

Selain itu, bagi Anda yang sering bekerja terlalu keras, mudah stress, suka berolahraga berlebihan, serta mengalami masalah obesitas, bisa juga menyebabkan terjadinya ketidakteraturan siklus menstruasi. Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat akan sedikit-demi sedikit mengembalikan siklus Anda menjadi normal.

Sindrom ovarium polikistik merupakan rangkaian gejala yang ditimbulkan oleh kista di dalam indung telur yang menyebabkan hormon menjadi tidak seimbang.  . Ketidaknormalan terjadi pada lebih tingginya hormon tetosteron daripada progesteron di dalam tubuh, dan juga berdampak pada proses peluruhan sel telur.

Kondisi inilah yang seringkali menjadi penyebab tidak mengalami menstruasi, menstruasi tidak lancar atau mengalami menstruasi tetapi darah yang keluar hanya sedikit. Memeriksakan diri kepada dokter akan membantu Anda mengatasi masalah tersebut sehingga Anda tidak perlu lagi memusingkan cara menghitung masa subur untuk siklus mens yang tidak teratur.

Tiroid merupakan kelenjar yang terdapat di bagian leher yang berfungsi untuk memproduksi hormon yang mengatur metabolisme. Jika tiroid Anda terganggu maka tidak jarang akan berimbas pada siklus menstruasi Anda. Konsultasikan kepada dokter untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kondisi tiroid Anda.

Mengatasi menstruasi yang tidak teratur memang harus dilakukan secara rutin dengan berkonsultasi kepada dokter. Ada banyak penyebab dan kemungkinan yang menyebabkan semua terjadi. Juga cara pengobatannya pun sangat beragam. Namun apabila secara medis hal semacam menstruasi tidak teratur ini tidak terlalu menjadi masalah, Anda tidak perlu cemas.


Asalkan tidak mengganggu aktivitas serta kesehatan Anda, maka menstruasi tidak teratur tidak akan menjadi momok. Anda masih bisa melakukan cara menghitung masa subur wanita yang siklus haid tidak teratur sesuai dengan yang Anda pikir paling efektif untuk digunakan sembari berkonsultasi kepada dokter.  

 
Back To Top