cara supaya cepat hamil

Dapatkan Tips Cara Cepat Hamil Alami Disini

3 Cara Mengetahui Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Cara mengetahui masa subur wanita agar cepat hamil memang harus diketahui oleh setiap wanita, terlebih lagi yang menginginkan cepat punya momongan. Salah satu cara adalah mengetahui siklus mentruasi. Di mana dengan siklus menstruasi akan memberikan petunjuk bagi Anda kapan masa subur Anda terjadi. Dengan begitu, peluang untuk hamil akan lebih besar.

3 Cara Mengetahui Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Siklus mentruasi       

Cara mengetahui masa subur wanita agar cepat hamil adalah dengan mengetahui masa subur. Sangat penting bagi setiap wanita untuk menandai siklus haid mereka setiap bulannya dan berapa hal lama haid tersebut berlangsung. Panjang dari siklus menstruasi akan dihitung dari hari pertama haid terjadi hingga hari terakhir. Di mana hari terakhir adalah sebelum haid selanjutnya terjadi.

Kebanyakan wanita akan memiliki siklus menstrusi yang berbeda – beda dari bulan ke bulan. Maka sangat penting untuk melakukan pencatatan setidaknya selama 6 bulan untuk mengetahui rata – ratanya.

Perkiraan masa subur

Secara umumnya, cara mengetahui masa subur wanita agar cepat hamil adalah dengan perhitungan masa subur mereka. Di mana kebanyakan masa subur akan terjadi pada 12 hingga 14 hari sebelum haid terjadi. Bahkan kebanyakan wanita memiliki masa subur pada hari 10 hingga 17 setelah mensturasi. Hal tersebut jika mereka memiliki siklus haid yang normal yakni 28 hari. Kemungkinan lima hari sebelum ovulasi dan satu hari setelah ovulasi terjadi adalah masa subur wanita.

Kemudian bagi wanita yang memiliki siklus mentruasi tidak normal, biasanya cukup dengan mengetahui siklus terpanjang dan terpendek mereka. Kemudian, Anda bisa mengira – ngira kapan masa subur akan terjadi. Di mana terjadi sama halnya dengan siklus mentruasi yang normal.

Tanda masa subur lainnya

Jika masih bingung dengan perhitungan masa subur pada wanita, masih ada cara mengetahui masa subur wanita agar cepat hamil lainnya yang bisa Anda lakukan.

1.     Suhu tubuh basal yang naik

Suhu tubuh basal sendiri merupakan suhu tubuh setelah bangun tidur namun belum melakukan aktivitas. Rata – rata suhu tubuh saat ini akan berkisar 36 hingga 38 derajat celsius. Namun bisa juga berubah karena hormon di dalam tubuh. Jika suhu tubuh basal naik kemungkinan ovulasi sedang terjadi.

2.     Perubahan pada cairan dari vagina

Cara mengetahui masa subur wanita agar cepat hamil adalah adanya perubahan pada cairan vagina. Tepatnya sebelum dan selama ovulasi akan terjadi perubahan pada lendir serviks, baik jumlah, warna hinga tektur itu sendiri. Selama masa subur sendiri, cairan vagina akan lebih elastis, transparant dan licin. Biasanya hal tersebut akan berlangsung 3 hingga 4 hari. Dengan begitu, kesempatan besar untuk hamil bisa terjadi.

3.     Perubahan ketegangan pada mulut rahim

Masa subur wanita juga ditandai dengan mulut rahin yang lebih lembut, tinggi dan terbuka. Hal ini akan membuat sperma lebih cepat mencapai leher rahim dan melakukan pembuhaan. Namun hal ini sulit untuk dideteksi. Diperlukan pemeriksaan mulut rahim dengan menggunakan jari untuk bisa membedakannya.

4.     Tanda masa subur

Selain itu, cara mengetahui masa subur wanita agar cepat hamil masih ada beberapa tanda yang bisa Anda rasakan, seperti perut kembung, gairah seks meningkat, aroma tubuh lebih baik, nyeri yang terjadi pada payudara, atau payudara lebih lembut, serta kram pada salah satu sisi pinggul.

Itulah beberapa cara mengetahui masa subur wanita agar cepat hamil yang bisa Anda ketahui lewat tanda – tandanya. Namun untuk lebih memastikannya, berkonsultasi ke dokter kandungan adalah langkah tepat.

 
Back To Top