cara supaya cepat hamil

Dapatkan Tips Cara Cepat Hamil Alami Disini

3 Metode Mudah Menghitung Masa Subur Setelah Haid Agar Cepat Hamil

Siapa sih wanita yang tidak ingin cepat memiliki momongan? Tapi kenyataannya kehamilan bisa terjadi karena waktu yang tepat, yakni saat sel telut dibuahi oleh sel sperma. Namun sebagai wanita harus bisa menghitung masa subur setelah haid agar cepat hamil. Cara menghitung masa subur sebenarnya tidak terlalu susah. Hanya saja memang membutuhkan akurasi yang tepat. Ada berbagai cara untuk bisa menghitung masa subur mereka terlebih lagi setelah haid.

3 Metode Mudah Menghitung Masa Subur Setelah Haid Agar Cepat Hamil

Mengingat siklus haid

Cara yang paling dasar untuk menghitung masa subur setelah haid agar cepat hamil adalah dengan menggunakan kalender haid Anda. Masa subur akan mudah melakukan perhitungannya jika siklus haid berjalan normal dan lancar. Siklus haid yang normal adalah 28 hari. Kemudian pertengan untuk siklusnya adalah hari ke 14. Masa subur biasanya terjadi 3 hari sebelum dan sesudah masa haid. Jadi berarti pada hari ke 11 dan hari ke 17.

Ada cara lainnya yang bisa dilakukan untuk menghitung kalender haid yakni dengan menambahkan 13 hari pada hari terakhir haid atau masa subur. Selain itu bisa dengan mengurangkan 3 hari pada masa prasubur atau menambahkan 3 hari pada masa prasubur. Namun yang perlu diingat saat menggunakan metode yang kedua, baik suami atau istri harus mengetahui masa subur. Hal tersebut karena setiap wanita tidak sama dengan lainnya.

Mengukur suhu tubuh

Mengukur suhu tubuh merupakan salah satu cara menghitung masa subur setelah haid agar cepat hamil. Tubuh yang normal akan memiliki suhu berkisar 35.5 hingga 36 derajat celsius. Namun saat ovulasi terjadi maka suhu akan turun kemudian naik hingga 38 derjat celsius dan jarang untuk kembali normal. Hal ini dipicu karena progestron telah terbentuk dan siap menerima sel telur yang sudah dibuahi.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah mengukur suhu tubuh pada pagi hari setelah bangun tidur dan belum melakukan aktivitas apapun. Setelah itu, tempatkan termometer pada dubur Anda atau mulut vagina sekitar 5 hingga 6 menit. Setelah itu, tutup kembali saat pengukuran dilakukan. Lakukan hal ini hingga 3 bulan. Jangan lupa untuk mencatat hasil pengukuran.

Namun ada syarat yang harus dilakukan selama melakukan pengukuran suhu 3 bulan tersebut. Salah satunya suhu tubuh tidak dalam keadaan demam. Selain itu, hindari tidur di bawah lampu yang panas dan jangan gunakan AC dengan suhu yang terlalu dingin.

Memperhatikan lendir serviks

Cara menghitung masa subur setelah haid agar cepat hamil juga bisa dilakukan dengan melakukan mengamati getah lendir mulur rahim. Caranya cukup dengan memeriksa lendir serviks Anda setiap harinya. Kebanyakan hormon esterogen akan mengalami puncak saat ovulasi. Di mana lendir akan lebih encer saat diraba dan akan membentuk benang dengan panjang 2 hingga 3 cm. Jadi apabila lendir serviks tersebut terputus maka tandanya bukan masa subur. Namun untuk tingkat keberhasilan hanya 60% hingga 70%.

Kebanyakan lendir serviks yang berwarna bening akan mudah pcah, lembut, elstis, licin dan layaknya putih telur. Untuk bisa lebih menyakinkan lagi bisa dilakukan pemeriksaan menggunakan mikroskop. Lendir rahim yang terjadi pada masa subur akan nampak seperti daun pakis. Namun yang perlu diingat bahwa kualitas dan jumlah lendir perempuan berbeda. Selain itu, lendir serviks akan sulit dideteksi setelah buang air besar atau berolahraga. Jangan lupa untuk memperhatikan setiap perubahan sensasi dan jumlah lendir.
 
Back To Top