cara supaya cepat hamil

Dapatkan Tips Cara Cepat Hamil Alami Disini

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan Caesar

Berat badan naik beberapa kilogram selama hamil adalah kondisi yang sangat wajar. Sayangnya tidak semua ibu mampu menurunkan berat badan dengan cepat, terutama Anda yang menjalani proses persalinan secara caesar. Sedikit lebih sulit bagi Anda yang menjalani proses caesar untuk menurunkan berat badan. Namun jangan khawatir karena dengan 4 kegiatan berikut ini, berat badan Anda akan turun dengan cepat bahkan setelah menjalani persalinan secara caesar.

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan Caesar

4 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan Caesar

Menyusui Cara Terbaik Membakar Kalori

Menyusui menjadi aktivitas mulia yang membangun ikatan antara anak dan ibu. Sayangnya tidak semua ibu mampu melakukan aktivitas ini setelah melahirkan. Selain karena faktor produksi air susu yang tidak memenuhi kebutuhan bayi, juga beberapa faktor lainnya seperti sindrom baby blues. Namun tahukah Anda, jika menyusui ini menjadi cara cepat menurunkan berat badan setelah melahirkan caesar?

Para ibu yang memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan, mampu menurunkan badan lebih cepat dibandingkan ibu yang tidak menyusui. Tidak sedikit pula selama 6 bulan tersebut, mampu mengembalikan berat badan seperti semula saat sebelum hamil. Hal ini didukung oleh pernyataan Dr. Lori Feldman Winter, seorang dokter anak sekaligus profesor pediatri Cooper University Health Care, bahwa menyusui memiliki peran yang cukup besar dalam menurunkan berat badan.

Beraktivitas Seperti Sediakala

Luka caesar bagi sebagian ibu membuatnya lebih manja. Hal ini sangat wajar terutama bagi seorang ibu yang baru pertama kali menjalani caesar. Namun jangan sampai sikap manja ini Anda pelihara dalam jangka waktu sangat lama. Jika Anda tidak mampu mengatasinya, luka bekas caesar akan semakin sulit sembuh. Lebih penting lagi, berat badan Anda tidak akan menunjukkan penurunan mengingat minimnya aktivitas yang Anda lakukan setelah caesar.

Adanya bekas luka caesar tidak berarti Anda harus terus manja dan bermalas-malasan. Saat luka mulai pulih dalam 2-3 minggu, lakukan aktivitas seperti biasa. Jika rasa nyeri masih ada, mulailah dengan aktivitas ringan seperti mengajak buah hati berjemur di halaman. Saat nyeri mulai tidak terasa, lakukan aktivitas seperti sediakala. Aktivitas ini dimaksudkan untuk memperlancar peredaran darah. Sekaligus membakar kalori sisa penambahan berat badan selama hamil.

Makan Sehat, Perbanyak Minum Air Putih

Memperbaiki pola makan menjadi cara cepat menurunkan badan setelah melahirkan caesar. Jangan salah memahami memperbaiki pola makan dengan mengurangi asupan makanan Anda. Memperbaiki berarti memastikan kualitas makanan yang Anda konsumsi. Jika selama ini porsi karbohidrat terlalu banyak, sebaiknya dikurangi. Gantikan dengan memperbanyak konsumsi protein baik hewani dan nabati, sayur dan juga buah yang mengandung banyak serat.

Pola makan yang sehat dan berkualitas, tidak hanya dapat menurunkan berat badan setelah proses melahirkan. Namun juga dapat memperbaiki kualitas produksi ASI. Jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak. Tidak hanya bagi ibu melahirkan, air putih juga sangat baik dikonsumsi wanita tidak hamil. Sebisa mungkin penuhi kebutuhan air putih 2 liter minimal dalam satu hari. Selain mencegah dehidrasi, air putih juga ampuh meluruhkan lemak di dalam tubuh.

Olahraga Ringan

Kekuatan tubuh ibu setelah melahirkan sangat berbeda dengan wanita normal saat belum hamil. Karena itu jika Anda ingin berolahraga setelah melahirkan secara caesar, pastikan tubuh Anda sudah mulai pulih dengan baik. Tidak hanya mengenai luka jahitannya, namun fisik yang lebih kuat juga akan membuat olahraga mampu memberikan dampak untuk menurunkan berat badan. Sebaiknya lakukan olahraga saat luka caesar mulai sembuh dari 6-8 minggu setelah proses bedah.

Jenis olahraga yang dapat Anda lakukan bermacam-macam. Namun pada dasarnya bukanlah jenis olahraga yang sifatnya intens dan membutuhkan banyak tenaga. Olahraga seperti aerobik dan lari di tempat atau jogging yang dilakukan secara rutin, akan membuat berat badan cepat turun setelah caesar. Selain itu Anda dapat mencoba olahraga yang ringan namun dampaknya dalam menurunkan berat badan sangat luar biasa seperti yoga, pilates hingga berenang.
 
Back To Top