kemajuan konsol generasi berikutnya dapat membantu pertumbuhan dalam esports

How the advancement of next generation consoles could aid growth in esports

(gambar: Glenn Carstens-Peters di Unsplash)

Selama beberapa tahun terakhir, PlayStation 4 dari Sony dan Xbox One dari Microsoft telah bertarung satu sama lain di ruang game konsol. Keduanya telah merilis varian konsol baru yang diperbarui, tetapi secara keseluruhan, belum ada perubahan drastis yang perlu diperhatikan. Dengan dua konsol baru dari Sony dan Microsoft yang dirilis akhir tahun ini, kami telah melihat bagaimana hal itu dapat berdampak pada industri esports.

Konsol Olahraga

Game konsol secara umum telah menjadi korban meme selama beberapa waktu sekarang. Meme sering kali datang dari orang-orang di ruang PC Gaming, yang diyakini sebagai “master-race” game karena kualitas gameplay dan framerate yang lebih tinggi yang ditawarkannya. Untuk waktu yang lama sekarang, ini telah menjadi kejatuhan yang dapat diperdebatkan untuk esports di konsol.

Hingga saat ini, laju bingkai konsol dikunci pada 60 bingkai per detik (FPS) dan dimainkan pada maksimum 1080p, terkadang ditingkatkan hingga 4K. Untuk esports first-person-shooter populer yang terutama berlangsung di konsol, inilah yang diyakini banyak orang telah menghambat potensi penuh mereka dalam pertumbuhan. Misalnya, Call of Duty, Gears of War, dan Halo semuanya adalah esports berbasis konsol yang tampaknya telah mencapai puncaknya untuk penayangan dan pertumbuhan saat ini karena pembatasan konsol.

Konsol Baru

Semakin banyak detail terus diumumkan untuk konsol baru ini, dan dengan itu, hype di sekitar mereka meningkat. Meskipun tampaknya Microsoft akan menjadi yang teratas di awal pertempuran baru ini, itu tidak pernah dijamin sampai peluncuran terjadi, dan orang-orang mendapatkan pengalaman.

Sony – PlayStation 5

Penambahan berikutnya yang telah lama ditunggu-tunggu sedang dalam perjalanan, dengan peluncuran yang dikonfirmasi untuk Musim Liburan 2020. Ini sudah membanggakan beberapa spesifikasi yang mengesankan, namun, mereka belum menunjukkan sebanyak Microsoft.

Sebuah dorongan untuk prosesor AMD 8-core yang kuat dengan kecepatan yang ditingkatkan pada SSD mereka untuk semua penyimpanan, kinerja kecepatan keseluruhan harus sama lincahnya. Tanpa membuang terlalu banyak jargon spesifikasi yang membingungkan, di bawah ini adalah spesifikasi utamanya.

  • CPU (Prosesor) – 8x Zen 2 Cores pada 3.5GHz
  • GPU (Kartu Grafis) – 10,28 TFLOP, 36 CU pada 2.23GHz, arsitektur RDNA 2
  • RAM – 16GB GDDR6
  • Penyimpanan – SSD 825GB Kustom
  • Penyimpanan yang Dapat Diperluas – Slot NVMe SSD Opsional
  • Drive Optik – Drive Blu-ray 4K

Untungnya Sony tidak terlalu misterius daripada sebelumnya untuk rilis konsol. Mereka juga merilis informasi untuk pengontrol baru mereka belum lama ini. Terlepas dari desainnya yang unik dan tidak biasa, mereka telah mengemas sejumlah teknologi yang mengesankan ke dalam pengontrol.

Microsoft – Xbox Seri X

Dibandingkan dengan PlayStation 5, kami telah mengetahui lebih banyak tentang konsol Microsoft yang akan datang di Musim Liburan 2020; Xbox Series X. Mungkin fitur yang paling menarik dari Xbox baru adalah bentuk dan ukurannya; mereka telah memilih memiliki penutup yang sempit dan lebih tinggi sehingga konsol benar-benar terlihat seperti komputer Micro-ATX yang lebih kecil.

Ini bisa menjadi aspek desain yang bertujuan karena diharapkan dapat menyaingi komputer gaming tingkat rendah dan menengah. Mereka juga telah mengkonfirmasi lebih banyak spesifikasi dibandingkan dengan Sony, lihat di bawah:

  • CPU – 8x Cores @ 3,8 GHz (3,6 GHz w/ SMT) CPU Zen 2 Kustom
  • GPU – 12 TFLOPS, 52 CUs @ 1,825 GHz Custom RDNA 2 GPU
  • Ukuran Mati – 360,45 mm2
  • Proses – 7nm Ditingkatkan
  • Memori – 16 GB GDDR6 dengan bus 320b
  • Bandwidth Memori – 10GB @ 560 GB/dtk, 6GB @ 336 GB/dtk
  • Penyimpanan Internal – SSD NVME Kustom 1 TB
  • Throughput I/O – 2,4 GB/dtk (Mentah), 4,8 GB/dtk (Terkompresi, dengan blok dekompresi perangkat keras khusus)
  • Penyimpanan yang Dapat Diperluas – Kartu Ekspansi 1 TB (sama persis dengan penyimpanan internal)
  • Penyimpanan Eksternal – Dukungan HDD Eksternal USB 3.2
  • Drive Optik – Drive Blu-Ray UHD 4K
  • Target Performa – 4K @ 60 FPS, Hingga 120 FPS

Bagaimana mereka akan mendapatkan keuntungan dari konsol esports

Dengan kedua perusahaan yang berhasil mengemas lebih banyak daya ke setiap konsol, mereka sekarang akan dapat mencapai 120 FPS saat berjalan pada 1080p. Meskipun ini masih lebih rendah dari PC maksimum yang dapat dicapai, mampu mencapai 120 FPS secara konsisten dan harga yang lebih rendah kemungkinan akan menarik banyak pemain baru ke konsol baru, yang pada gilirannya akan meningkatkan keseluruhan permainan konsol dan adegan esports.

Author: Ray Henry