cara supaya cepat hamil

Dapatkan Tips Cara Cepat Hamil Alami Disini

5 Cara Mengetahui Usia Kehamilan Kamu

cara mengetahui usia kehamilan
Instagram
Hamil adalah satu impian dan harapan bagi setiap pasangan, terlebih pasangan muda yang baru saja menikah. Bagi sebagian orang, mengetahui usia kehamilan merupakan hal yang seru untuk dilakukan. Karena selain dapat mengetahui perkembangan janin juga dapat mengetahui kesehatan serta kesuburan kandungan.

Sangat banyak sekali cara yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui usia kandungan. Berikut adalah 5 cara mengetahui usia kehamilan yang sangat mudah dan efektif untuk kamu terap di rumah. Ayok simak ulasan di bawah :

1. Periksa ke Dokter Kandungan

Cara mengetahui usia kehamilan pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan pergi dan periksa ke dokter kandungan. Tetapi hal ini tentunya dapat memakan biaya. Maka kamu haruslah mempersiapkan budget terlebih dahulu sebelum pergi ke klinik atau dokter.

2. Menggunakan Media Online

Media online berupa kalkulator kehamilan online dapat membantu kamu untuk mengetahui masa kehamilan. Di zaman milenium ini tentu saja bukan hal sulit untuk mendapatkan kalkulator canggih ini. Kamu dapat perlu mengetik kata kalkulator kehamilan pada smarphone pintar kamu, dan keluarlah fitur fitur yang bisa menghitung usia kandungan kamu.

3. Menghitung Menggunakan Kalender

Berikutnya kamu juga bisa memakai kalender untuk menghitung usia kandungan atau yang lebih dikenal dengan Rumus Naegele. Namun sebelum menggunakan rumus ini, ada baiknya kamu mnegetahui siklus menstruasi kamu terlebih dahulu. Hal ini disebabkan karena perhitungan dimulai saat si wanita mengalami siklus haid secara teratur. Hal utama sekali yang harus kamu ketahui ialah Hari Pertama Haid Terakhir atau disingkat menjadi HPHT. Berikut caranya :

· Tanggal HPHT di tambah dengan 7. Misal 3 Mei di tambah (+) 7 = 10

· Bulan HPHT dikurang dengan 3. Misal 5 – 3 = 2

· Tahun HPHT di tambah 1. Misal 2017 + 1 = 2018

· Maka perkiraan masa lahir adalah 10 Februari 2018.

4. Mendeteksi Gerakan Janin Kamu

Cara yang mudah selanjutnya adalah mendeteksi gerakan pada janin kamu. Akan tetapi, cara perhitungan yang satu ini tidak begitu akurat. Sehingga jarang orang menggunakannya. Berikut caranya :

·  Yang perlu kamu lakukan adalah merasakan gerakan yang terjadi pada janin kamu.

·  Selanjutnya jika jani sudah memberikan tanda tanda kehidupan atau bergerak, maka dapat diperkirakan bahwa usia kandungan kamu telah berusia 18 hingga 20 minggu. Namun tidak semua orang mengetahui hal ini.

· Sayangnya, keadaan seperti ini hanya berlaku pada perempuan yang baru aja atau untuk pertama kalinya hamil. Tidak akan ditemukan pada perempuan yang hamil untuk ke dua kali atau lebih.

· Untungnya, bagi kaum hawa yang sudah pernah hamil jika merasakan gerakan tersebut pada janin kamu. Maka diperkirakan bahwa usia kehamilan kamu telah mencapai 16 sampai 18 minggu.

5. Menggunakan Sistem Fundus Uteri

Jika melakukan 4 cara di atas namun belum bisa juga menemukan usia kandungan, maka kamu dapat melakukan cara Findus Uteri. Fundus Uteri sendiri merupakan titik puncak rahim yang ada pada perempuan. Pasalnya, puncak rahim akan meninggi semakin usia kehamilan bertambah. Berikut adalah cara mengetahuinya :

· Rabalah puncak rahim yang agak menonjol pada perut kamu.

· Hitunglah jarak mulai dari tulang kemaluan hingga mencapai puncak rahim dengan menggunakan mistar.

· Jika jarak yang kamu hitung mencapai angka 17, maka usia kandungan kamu adalah 17 minggu.

Bagaimana? Cara cara di atas cukup mudah untuk dilakukan bukan?
 
Back To Top