cara supaya cepat hamil

Dapatkan Tips Cara Cepat Hamil Alami Disini

Cara Mengatasi Rambut Rontok Saat Menyusui

Pada saat masa kehamilan, biasanya rambut ibu akan nampak sehat, berkilau dan juga tebal. Namun, pada saat masa setelah melahirkan biasanya rambut akan mengalami kerontokan. Hal ini membuat para ibu menyusui merasa cemas. Lalu, sebenarnya apakah penyebab kerontokan rambut pada wanita menyusui dan apa saja cara mengatasi rambut rontok saat menyusui. Berikut ini adalah penjelasannya.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Saat Menyusui

Penyebab kerontokan rambut pada wanita menyusui


a. Perubahan hormon

Seperti yang kita semua ketahui bahwa pada hormon akan mengalami perubahan khususnya pada saat masa kehamilan. Namun pasca melahirkan, hormon akan mengalami penurunan secara drastis termasuk hormon estrogen dan progesteron. Hal inilah yang membuat kerontokan selama menyusui.

b. Penggunaan hairdryer / catokan rambut

Bagi cewek sering kali menggunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut. Namun ternyata penggunaan hairdryer ini akan merusak rambut loh dan menyebabkan kerontokan khususnya bagi para ibu menyusui. Dengan menggunakan hairdryer maka rambut akan menjadi kering sehingga akan kering dan mudah patah. Oleh karena itu, sebaiknya mengeringkan rambut yang basah secara alami saja jangan menggunakan hairdryer.

Ketika menyisir juga jangan terlalu keras. Cara tersebut juga dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Sisirlah rambut dari atas ke bawah ya dengan lembut.

Cara mencegah kerontokan pada rambut pada masam menyusui


Jika anda tidak ingin rambut anda tidak rontok pada saat menyusui, maka anda harus mengikuti beberapa tips berikut ini.

a. Konsumsi makanan yang mengandung gizi

Pada dasarnya, tubuh membutuhkan zat – zat bergizi supaya tetap sehat. Demikian juga dengan rambut. Kesehatan rambut dapat juga terjaga apabila anda sering menngonsumsi berbagai macam makanan yang mengandung kandungan gizi misalnya saja ubi, wortel, telur, sayur hijau, dan ikan.

Konsumsi makanan tersebut dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan juga sekaligus menjaga kesehatan badan

b. Gunakan vitamin rambut

Selain vitamin yang harus diminum, anda juga harus mengaplikasikan dengan penggunaan vitamin rambut. Setelah keramas dan keadaan rambut setengah kering, oleskanlah vitamin rambut atau serum rambut secara merata ke seluruh bagian kulit kepala. Vitamin rambut ini akan membantu dalam menutrisi dan menjaga kesehatan rambut. Pijat – pijat dengan pelan – pelan supaya kulit kepala bisa menyerap dengan sempurna dan memperkuat akar rambut.

c. Alpukat

Buah alpukat memiliki manfaat yang sangat besar untuk menjaga kesehatan rambut. Anda bisa menggunakan alpukat sebagai masker rambut karena banyak kandungan proteinnya yang terdapat di dalamnya yang bisa membantu memperkuat akar rambut sehingga bisa terhindar dari kerontokan. Selain itu, buah ini juga bisa merangsang pertumbuhan rambut secara alami.

Cara membuatnya adalah dengan menghancurkan buah alpukat hingga rata dan setelah itu oleskan ke seluruh kulit kepala. Diamkan beberapa saat dan bilas dengan shampoo.

d. Yogurt

Yogurt adalah salah satu bahan makanan yang bisa digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut. Caranya sangat mudah, anda cukup mengoleskan yogurt pada kulit kepala dan diamkan beberapa saat. Setelah itu bilaslah dengan air bersih. Lakukanlah selama 2 kali seminggu.

e. Bawang putih

Bawang putih juga menjadi salah satu obat alami untuk mengatasi masalah kerontokan pada rambut. Caranya adalah dengan mengoleskan tumbukan bawang halus ke seluruh bagian kepala. Lakukan pemijatan harus selama 20 menit. Bilaslah dengan air bersih setelah itu.

Berbagai tips untuk mengatasi masalah kerontokan pada masa menyusui ini, bisa anda terapkan di rumah. Dengan begitu, anda akan terhindar dari kerontokan selama masa menyusui.
 
Back To Top