cara supaya cepat hamil

Dapatkan Tips Cara Cepat Hamil Alami Disini

Tips dan Cara Menghitung Usia Kehamilan Dalam Bulan

Menghitung usia kehamilan sangat penting karena dapat mengetahui sejauh mana perkembangan janin. Selain itu juga dapat membuat anggota keluarga mempersiapkan berbagai macam hal sebelum hari kelahiran. Berikut ini adalah cara menghitung usia kehamilan dalam bulan.

Tips dan Cara Menghitung Usia Kehamilan Dalam Bulan

Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Akurat


Menggunakan perhitungan hpht

Perhitungan ini adalah metode yang sangat klasik namun tetap ampuh jika wanita mampu mengingat kapan terakhir kali mengalami menstruasi. Bahkan cara ini dapat dilakukan wanita itu sendiri tanpa bantuan dokter ataupun bidan. Cara ini juga mempunyai rumus yang sudah pakem sehingga membuatnya menjadi semakin mudah. Berikut ini adalah rumus untuk menghitungnya.

Misalkan jika wanita terakhir kali haid pada tanggal 30 bulan Juli tahun 2018, dan saat ini adalah bulan Agustus tanggal 30, maka dapat dinyatakan bahwa usia kehamilannya adalah satu bulan. Sedangkan untuk memperkirakan kapan hari kelahiran, maka rumusnya adalah: tanggal haid terakhir ditambah tujuh hari, sedangkan bulan terakhir haid ditambah tiga bulan, dan tahun pada digit terakhir ditambah satu. Namun kelemahan siklus ini adalah hanya dapat dilakukan jika wanita benar benar ingat tanggal terakhir haidnya dan juga wanita mempunyai siklus haid yang teratur yaitu 30 atau 28 hari.

Mendeteksi gerakan gerakan yang dilakukan oleh janin

Cara ini menggunakan kepekaan dari ibu hamil, dan perlu mempunyai kesadaran untuk membedakan bahwa yang dirasakan pada perut adalah gerakan janin dan bukan masalah pencernaan. Umumnya ibu hamil akan dapat merasakan gerakan gerakan pada janin saat kehamilan sudah mencapai usia 4 hingga 6 bulan. Pada bulan yang ke empat janin umumnya akan melakukan gerakan berupa jungkir balik dan perut ibu hamil akan terasa seperti ditendang. Pada saat bulan ke 4 ini bayi akan melakukan gerakan lain seperti menggerakan lengan dan menghisap jempol.

Pada bulan yang kelima ibu hamil akan merasakan gerakan yang lebih kuat dari janin. Hal ini pertanda yang baik karena membuktikan bahwa janin tumbuh sehat dan bertambah besar dan berat. Pada saat sedang istirahat atau bersantai ibu hamil akan merasakan hentakan yang cukup keras pada perut bagian tengah. Gerakan gerakan janin akan terus bertambah variasi dan semakin kuat. Terutama pada saat bulan ke 7 hingga 9 janin mempunyai tenaga yang sudah cukup besar. Oleh karena itu ibu hamil akan banyak merasakan nyeri khususnya pada bagian tulang iga atau rusuk karena desakan kaki janin. Pada momen ini hingga momen kelahiran, ibu hamil akan mulai merasakan betapa tidak mudahnya perjuangan menjadi seorang ibu.

Mendeteksi suara jantung janin

Cara ini juga membutuhkan kepekaan, dan dapat mulai dilakukan saat usia kehamilan mencapai 2 bulan. Pada bulan ke 2 ini umumnya janin akan mempunyai detak atau denyut jantung antara 90 hingga 110 denyut dalam satu menit. Sedangkan saat usia sudah mencapai 3 bulan hingga 4 bulan akan mengalami peningkatan dan juga akan ada momen akan mengalami perlambatan. Jika tidak ada perlambatan sama sekali maka ibu hamil harus segera berkonsultasi untuk memperlancar aliran darah janin.

Menggunakan USG

Cara yang satu ini adalah cara yang modern dan akurat serta memang akan memakan biaya lebih dari pada cara lainnya. Walaupun begitu cara ini sangat aman karena dapat melakukan persiapan hari kelahiran bayi dengan lebih baik. Dokter yang ahli sekalipun akan menyarankan agar para ibu hamil untuk melakukan USG.

Berikut tadi adalah beberapa cara menghitung usia kehamilan dalam bulan sekiranya dapat memberikan informasi dan manfaat yang positif.

 
Back To Top