cara supaya cepat hamil

Dapatkan Tips Cara Cepat Hamil Alami Disini

Beginilah Perkembangan Bayi dalam Kandungan 4 Bulan yang Perlu Diketahui

Beginilah Perkembangan Bayi dalam Kandungan 4 Bulan yang Perlu Diketahui
pinterest
Perkembangan bayi dalam kandungan 4 bulan yang signifikan akan membuat ibu hamil terkejut dengan perubahan yang dirasakan di dalam perutnya. Perubahan janin di dalam rahim membuat perut ikut sedikit membesar.

Sekilas Mengenai Perkembangan Bayi


Ibu hamil akan merasakan pergerakan janin yang mulai terasa jika sudah memasuki usia 4 bulan kandungan. Janin di usia 4 bulan sudah menyerupai seperti manusia, dimana lensa mata, retina, kornea, iris atau selaput pelangi sudah dapat berfungsi dan peka akan cahaya. Janin yang mulai berkembang dapat dikatakan sudah dewasa. Organ tubuh janin sudah sempurna , akan tetapi masih membutuhkan pematangan supaya organ lebih sempurna.

Melalui USG kehamilan ibu hamil dapat melihat perkembangan bayi dalam kandungan 4 bulan. Tumbuh kembang bayi sangat didukung oleh plasenta, yang berfungsi menghubungkan antara ibu hamil dengan bayinya melalui makanan, pembuangan sisa-sisa metabolisme, dan zat-zat bahaya yang sudah disaring. Semua organ janin sudah terbentuk dan sudah berada pada posisinya. Baca disini Usia Kehamilan Berapa Minggu Sudah Terlihat Janin Pada USG Perut.

Perkembangan Bayi dalam Minggu ke 13

Pada minggu ke 13, bayi yang ada di dalam rahim sudah dapat merasakan detak jantung ibunya sendiri. Bayi dalam usia minggu ke 13 ini sudah memiliki panjang sekitar 7,5 cm dengan trakea, hati, pankreas, paru-paru, hingga usus yang berkembang. Selain itu, pita suara bayi juga mulai terbentuk, dan muncul tunas gigi bayi dengan jumlah 20 gigi. Minggu ke 13 ini tangan, jari, hingga telapak kaki bayi sudah mulai terlihat.

Perkembangan Bayi dalam Minggu ke 14

Posisi telinga bayi sudah menempati posisi normal yang terletak di sisi kanan dan kiri kepala. Mata bayi juga sudah mengarah ke letak yang sebenarnya. Leher bayi juga ikut memanjang, namun dagu tidak lagi menyatu dengan dada. Perkembangan alat-alat kelamin di bagian luar juga sudah terlihat.

Pada usia minggu ke 14 ini ibu hamil sudah dapat mengetahui jenis kelamin bayi dan sudah dapat dibedakan antara perempuan dengan laki-laki. Denyut bayi akan terasa lebih cepat hampir 2 kali lebih cepat dari denyut jantung ibunya dan Anda bisa merasakannya saat memeriksanya dengan dokter kandungan. Apabila Anda mengusap-usap perut janin akan bergerak, mungkin juga Anda masih tidak dapat merasakannya.

Perkembangan Bayi dalam Minggu ke 15

Pada minggu ke 15 ini bayi sudah dapat mendengarkan suara ibunya ataupun merasakan gerakan ibunya, mulai dari denyut jantung yang dirasakan, hingga suara perut. Bayi di dalam kandungan sudah mulai tumbuh rambut di kepalanya, bahkan bulu mata dan alis juga ikut tumbuh di usia minggu ke 15 ini.

Kehamilan yang semakin terlihat dan menonjol, dianjurkan untuk memakai baju hamil demi kenyamanan si ibu dan bayinya. Hal ini dikarenakan, otot-otot, dan kulit, apalagi di bagian perut yang sudah melar dengan peregangan yang diikuti oleh pembesaran rahim. Diikuti juga dengan gari-garis regangan (striae) akan muncul di daerah payudara, perut, pinggul dan bokong.

Perkembangan Bayi dalam Minggu ke 16

Gerakan-gerakan bayi akan lebih kuat dan panjang bayi juga akan bertambah. Anda bisa merasakannya dengan cara meraba-raba perut. Rambut halus atau yang disebut lanugo ikut tumbuh di seluruh permukaan kulit bayi.

Plasenta juga ikut terbentuk dan sudah berfungsi. Bayi di usia ini memiliki panjang hingga 16 cm dan berat bayi 135 gram. Gerakan bayi juga ikut aktif dan bayi tersebut sudah bisa menghisap ibu jarinya, merenggangkan tubuhnya, menguap, cegukan, hingga sudah menelan kencing. Sistem pencernaan bayi juga sudah ikut bekerja. Beginilah perkembangan bayi dalam kandungan 4 bulan yang perlu Anda ketahui.
 
Back To Top