cara supaya cepat hamil

Dapatkan Tips Cara Cepat Hamil Alami Disini

Janin Terlihat Di USG Usia Berapa? Pertanyaan Tersebut Bisa Dijawab Melalui Trimester

Janin atau fetus merupakan mamalia yang berkembang setelah adanya fase dari embrio dan sebelum kelahiran. Masa kehamilan pada manusia adalah kira-kira dari 280 hari dan tidak lebih sampai 300 hari. Penghitungan awal mula kehamilan yaitu hari pertama seorang wanita mendapatkan haid terakhirnya.

Janin Terlihat Di USG Usia Berapa? Pertanyaan Tersebut Bisa Dijawab Melalui Trimester

Janin Terlihat Di USG Usia Berapa? Pertanyaan Tersebut Bisa Dijawab Melalui Trimester


Trimester Pertama

Kehamilan trimester pertama merupakan awal kehamilan seorang wanita. Masa itu dimulai dari 1 sampai 3 bulan awal kehamilan. Tiga bulan pertama merupakan bulan yang sangat rawan bagi perkembangan janin. Karena pada saat itu terkadang wanita tidak mengetahui bahwa di dalam rahimnya sudah tumbuh janin. Wanita benar-benar bisa merasakan hamil ketika janin sudah mulai menginjak umur kurang lebih satu bulan.

Meskipun wanita sudah mulai merasakan tanda-tanda kehamilan di satu bulan awal, wanita juga harus memperhatikan janin dengan sangat hati-hati. Janin baru mulai berkembang dan ada kemungkinan masih sangat rentan. Itu sebabnya, 3 bulan awal kehamilan dokter akan memberikan obat penguat ataupun vitamin bagi janin yang rentan akan keguguran. Jika mulai merasakan hal yang berbeda dari tubuh Anda, segera periksakan ke dokter.

Trimester Kedua

Kehamilan trimester kedua adalah pada usia kandungan 4 sampai 6 bulan. Pada saat Anda sudah mulai merasakan janin pada tubuh Anda, pasti selalu bertanya-tanya janin terlihat di USG usia berapa minggu? Karena momen seperti itu sangat dinantikan bagi semua orang tua. Alat USG dokter sudah bisa memperlihatkan janin atau kandungan pada kehamilan trimester kedua yaitu bulan ke 4. Pada trimester kedua, janin sudah mulai aktif dan bereaksi.

Di akhir dari trimester pertama atau bulan 3, janin sudah mulai berkembang dengan cepat. Hingga akhirnya mulai awal dari trimester kedua atau bulan keempat, janin sudah memperlihatkan dirinya pada alat USG. Trimester kedua merupakan momen yang sangat dinantikan bagi semua orang tua karena janin mulai berkembang. Anda akan bisa melihat perkembangan tangan, kaki, dan juga rambut halus yang mulai tumbuh.

Info lainnya : Beginilah Perkembangan Bayi dalam Kandungan 4 Bulan yang Perlu Diketahui

Kepala juga sudah mulai terbentuk dengan sangat baik beserta alat indranya. Mata, telinga, hidung, dan juga mulut sudah mulai terlihat. Dan beranjak bulan 5, bayi akan mulai membentuk selaput putih yang mengelilingi tubuhnya dan sering disebut sebagai ari-ari. Pada bulan 6, bayi sudah berkembang dengan kuat. Berat badan dan panjang bayi terus bertambah dengan perkembangan pencernaan juga sudah mulai mantap.

Trimester Ketiga

Trimester ketiga adalah masa-masa orang tua mempersiapkan kehadiran si bayi tercinta. Trimester ini Anda mulai melakukan pemeriksaan rutin terkait perkembangan janin hingga menjelang bulan kelahiran bayi. Pada bulan 7, sistem saraf bayi sudah mulai berkembang dengan sangat cepat, diikuti juga dengan otak bayi. Saat Anda memeriksa kandungan menggunakan USG, Anda bisa melihat bayi sudah bisa membuka dan menutup kelopak mata di bulan 8.

Bulan 8 juga merupakan bulan Anda akan sering mendapatkan serangan berupa tendangan atau pukulan ringan dari bayi. Bayi selalu berputar untuk mendapatkan posisi yang tepat sebelum keluar dari rahim wanita. Malam hari merupakan saat paling aktif bagi si bayi bergerak. Tidak heran ibu hamil susah untuk tidur di malam hari karena terjaga dengan pergerakan sang bayi. Dan pada bulan 9, bayi sudah siap untuk bertemu dengan orang tua.

Ideal seorang bayi siap untuk keluar adalah di bulan 8 dan juga 9. Pada bulan 8, paru-paru bayi telah berkembang sempurna disertai juga dengan sistem kekebalan tubuh. Namun, bulan 9 adalah waktu yang paling sempurna karena posisi bayi sudah sangat siap di saat itu.

Kantung Janin Terdeteksi

Jika Anda sudah mulai merasakan siklus haid telat selama beberapa minggu, segera periksakan diri Anda. Bisa jadi, janin sudah mulai berkembang di rahim Anda. Ketika Anda sudah mengetahui hal tersebut, lakukan pemeriksaan di dokter kandungan. Dokter akan melihat keadaan rahim Anda dengan menggunakan alat USG. Anda bisa melihat kantung janin terdeteksi dari alat USG di awal kehamilan berupa gambar bulat hitam berukuran kecil.

Hal Yang Dianjurkan Untuk Kesehatan Janin.


Mulailah untuk hidup sehat demi keselamatan dan perkembangan janin yang baik. Hindari makan-makanan fast food maupun junk food yang mungkin sebelumnya adalah favorit Anda. Perbanyak makan-makanan bergizi, sehat, dan mendukung perkembangan janin. Seperti, ikan salmon, susu hamil, buah-buahan, sayur-sayuran, daging tanpa lemak, dan kacang polong. Apa sih bedanya fast food dan junk food? Klik disini.

Dengan menjalankan hidup sehat, janin Anda bisa melewati masa-masa rentan dan rawan pada kandungan. Anda akan bisa melewati pertanyaan janin terlihat di USG usia berapa minggu karena akan menyaksikan sendiri perkembangan janin setiap bulannya. Momen tersebut bisa Anda simpan dengan mencetak hasil USG setelah periksa. Anda bisa melihat dengan jelas kembang tumbuh janin.
 
Back To Top