cara supaya cepat hamil

Dapatkan Tips Cara Cepat Hamil Alami Disini

Benarkah Wasir Luar Bisa Sembuh Dengan Sendirinya?

Bagi Anda yang memiliki keluhan atau ketidaknyamanan karena wasir, tentu memiliki pertanyaan apakah wasir luar bisa sembuh dengan sendirinya. Wasir atau ambeien merupakan keluhan yang sering terjadi dan dapat diderita oleh siapa saja baik pada pria, wanita, anak – anak hingga lansia. Berikut ini merupakan beberapa ulasan mengenai wasir atau ambeien yang mungkin dapat menjawab pertanyaan Anda mengenai apakah wasir luar bisa sembuh dengan sendirinya atau tidak, diantaranya adalah :

Apa itu wasir?


Wasir atau ambeien dalam dunia medis dikenal dengan sebutan hemoroid . wasir terjadi karena adanya pelebaran pembuluh darah vena yang menyebabkan terjadinya pembengkakan pada area anus atau rectum. Pengertian lebih sederhana dari wasir atau ambeien ini adalah varises yang terjadi pada anus.

Penyebab wasir (hemoroid)


Beberapa penyebab terjadinya wasir (hemoroid) diantaranya adalah :


    Mengejan. Mengejan terlalu keras pada saat buang air besar menyebabkan desakan darah menuju ke anus menjadi lebih besar dan memicu pelebaran pembuluh darah.

    Duduk terlalu lama. Kebiasaan duduk dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan wasir. Duduk memberikan desakan pada pembuluh darah sekitar anus. Pembuluh darah yang melebar dapat menyebabkan kesulitan pada saat Anda buang air besar.

    Diare. Diare yang dapat menyebabkan terjadinya wasir adalah diare menahun. Pada saat diare, Anda akan lebih sering buang air besar. Hal ini dapat memicu pelebaran pembuluh darah anus yang menyebabkan terjadinya wasir.

Jenis – jenis wasir (hemoroid)


Secara umum, wasir dibedakan menjadi 2, yaitu wasir internal dan wasir eksternal. Kedua jenis wasir ini dibedakan dari lokasi munculnya wasir atau ambeien.

  •     Wasir internal (wasir yang ada pada bagian dalam saluran anus)


Wasir internal berawal dari pelebaran pembuluh darah pada bagian dalam saluran anus. Bila tidak ditangani sejak dini, wasir internal mungkin dapat berkembang menjadi lebih besar dan yang paling parah wasir atau pembengkakan yang terjadi sampai keluar dari anus.

  •     Wasir eksternal (wasir yang ada pada bagian luar anus)


Berbeda dengan wasir internal, pada wasir eksternal (wasir luar) benjolan ada pada bagian luar anus dan menempel pada lubang luar anus. Warna benjolan pada wasir luar biasanya memiliki warna merah kebiruan. Adanya wasir luar ini biasanya menyebabkan keluhan rasa sakit pada penderita dan merasa perih dan kesulitan saat duduk sehingga merasa kurang nyaman.

Apakah wasir bisa sembuh dengan sendirinya?


Setelah mengetahui penjelasan di atas, tentu akan muncul pertanyaan di benak Anda, apakah wasir luar bisa sembuh dengan sendirinya atau perlu penanganan khusus. Pada umumnya, baik wasir dalam maupun wasir luar merupakan keluhan yang sama – sama menimbulkan ketidaknyamanan dan bila berlanjut dapat menyebabkan komplikasi lain yang lebih serius. Oleh karena itu diperlukan penanganan khusus agar wasir yang mungkin Anda derita dapat lebih baik dan tidak menyebabkan komplikasi lebih lanjut. Bagi penderita wasir luar dengan ukuran yang kecil, ada kemungkinan untuk sembuh dengan sendirinya dengan memperbaiki pola makan dan pola perilaku dengan banyak mengkonsumsi cukup serat dan tidak mengejan keras saat buang air besar (BAB).

Jadi, daripada Anda memikirkan apakah wasir luar bisa sembuh dengan sendirinya, ada baiknya bila Anda segera periksa ke dokter dan memperbaiki pola makan dan pola perilaku agar wasir yang Anda derita tidak semakin parah.
 
Back To Top